Materi Pelajaran Matematika SMA Kelas 11 Semester 1/2

Materi pelajaran matematika kelas 11 Semester 1/2 lengkap - Untuk anda yang saat ini masih duduk dibangku sekolah khususnya SMA kelas 11 tentu akan bertemu dengan mata pelajaran matematika, pelajaran yang sebagian orang menganggap sulit, namun tak jarang pula yang menganggap pelajaran matematika itu asyik dan menyenangkan. Lalu bagaimana dengan anggapan anda terkait dengan pelajaran matematika? Pelajaran matematika itu pelajaran yang mudah jika kalian mau belajar dengan bersungguh-sungguh, salah satu cara yang dapat kalian lakukan anda mempelajari setiap materi pelajaran matematika yang telah diberikan oleh guru atau pendidik di kelas.
pelajaran matematika
Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan materi pelajaran matematika untuk SMA kelas 11 lengkap dari semester 1 dan 2 serta di lengkapi latihan soal dan ulangan akhir semester. Berikut rincian selengkapnya.
Semester 1
Salah satu bagian dari matematika yang banyak digunakan oleh berbagai kalangan adalah statistika. Statistika merupakan suatu alat yang sangat penting, khususnya dalam memberikan landasan untuk pengambilan keputusan. Pemerintah yang merencanakan anggaran belanja, bursa efek, pengusaha yang ingin meningkatkan produksi, perusahaan asuransi yang membuat ramalan, dan para ahli yang bekerja di laboratorium merupakan sedikit contoh pemakai statistika di lapangan. Mereka mengambil keputusan berdasarkan analisis data statistik yang diperoleh dari lapangan.

Kalian tentu pernah menyaksikan pertandingan sepak bola, baik event lokal, nasional, atau bahkan internasional. Sebelum pertandingan dimulai, jika kalian perhatikan, biasanya wasit (referee) melemparkan koin disaksikan oleh kapten masing-masing kesebelasan. Jika sisi tertentu yang muncul maka kesebelasan yang ditentukan yang akan menguasai bola pertama kali. Menurutmu, dalam hal ini, apakah setiap tim akan berpeluang sama? Kasus ini merupakan salah satu contoh aplikasi peluang yang sering kalian jumpai.
Semester 2

Pernahkah kalian membayangkan tombol-tombol (tuts) komputer dan tampilan pada layar saat kalian mengetik karakter per karakter? Coba perhatikan, ketika pada tombol tertulis huruf ”a”, setelah diketik pada layar juga muncul huruf ”a”. Demikian juga saat pada tombol diketik huruf ”k”, pada layar juga muncul huruf ”k”. Jika kalian pikirkan, tentunya ada hubungan (relasi) antara sistem pada tombol dan tampilan pada layar. Kasus ini termasuk aplikasi fungsi dalam kehidupan sehari-hari yang sering dijumpai.

Pada dasarnya limit merupakan konsep dasar dari operasi hitung diferensial (turunan fungsi), yaitu operasi yang menunjukkan laju perubahan pada suatu saat atau titik tertentu. Cara yang dilakukan adalah membagi suatu perubahan kecil dalam salah satu variabel dengan suatu perubahan kecil dalam variabel lain. Sebagai contoh, kita tidak dapat menentukan besar perubahan volume air yang tertuang ke dalam gelas tepat pada waktu tertentu. Namun, dengan metode limit, kita dapat menentukannya melalui nilai pendekatannya.

Disadari atau tidak, hampir setiap orang tentu pernah merasakan laju berubahnya suatu kelajuan. Misalnya, seseorang mengendarai sebuah roller coaster dengan kecepatan tertentu. Kecepatan orang pada roller coaster itu merupakan laju perubahan jarak menurut waktu. Apabila roller coaster itu dipercepat atau diperlambat, maka kecepatannya berubah. Laju perubahan seperti inilah yang dimaksudkan sebagai laju berubahnya suatu kelajuan. Hitung diferensial (turunan) membahas perhitungan laju perubahan seperti di atas dalam keadaan tertentu sehubungan dengan perubahan lain pada suatu titik dalam suatu proses.
Lihat juga : Materi Antropologi SMA Kelas 11 Semester 1/2 Lengkap
Semoga materi matematika untuk SMA semester 1/2 tersebut di atas dapat membantu kalian dalam belajar matematika agar lebih mudah memahami dan menjadikan matematika sebagai mata pelajaran yang menyenangkan.

Bukupaket.com. Diberdayakan oleh Blogger.