Materi Pelajaran IPA Kelas 4 SD/MI Semester 1/2

Kumpulan materi pelajaran IPA SD/MI kelas 4 lengkap - Pada kelas 4 ini kalian akan bertemu lagi dengan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam sebagai kelanjutan dari mata pelajaran yang pada kelas 3 sebelumnya. Di kelas 4 ini kalian harus lebih giat dan semangat dalam belajar IPA agar kalain paham dengan materi pelajaran yang akan disampaikan oleh guru kalian. Materi pelajaran IPA bukanlah materi yang sulit karena materi IPA sangat erat berkaitan dengan alam sekitar seperti lingkungan rumah dan lingkungan sekolah. Pelajaran IPA menuntun kalian dalam berpikir secara ilmiah tidak asal-asalan dan pelajaran IPA ini sangat menarik untuk dipelajari.
Materi pelajaran IPA di kelas 4 ini akan membahas beberapa Bab/Tema yang semuanya harus terselesaikan dalam satu tahun pelajaran atau selama dua semester yaitu semester 1 dan 2. Nah berikut rincian masing-masing bab yang akan kalian pelajari.

Bab 1 Rangka Manusia dan cara memeliharanya
Pada bab in akan di bahas mengenai bagian-bagian rangka manusia sehingga kalian dapat menyebutkan bagian tersebut. selanjutkan akan di pelajari fungsi rangka bagi kehidupan manusia serta bagaimana cara memelihara rangka agar tetap sehat.

Bab 2 Alat Indera dan cara memeliharnya
Pada bab 2 ini kalian akan mempelajari apa saja yang termasuk alat indera pada manusia, apa fungsi alat indera dan bagaimana cara merawat alat indera.

Bab 3 Bagian-bagian pada tumbuhan
pada bab 3 ini akan dipelajari tentang apa saja bagian dari tumbuhan. Bagian dari tumbuhan terdiri dari akar, batang, batang, daun, bunga, buah, dan biji.

Bab 4 Penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya
pada bab ini akan dibahas mengenai penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya yaitu; hewan pemakan daging (karnivora), hewan pemakan tumbuhan (herbivora), dan hewan pemakan segala (omnivora).

Bab 5 Daur hidup hewan
pada bab ini akan dibahas mengenai daur hidup hewan dengan metamorfosis dan daur hidup hewan tanpa metamorfosis, kemudian dilanjutkan dengan pembahasan metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna.

Bab 6 Saling ketergantungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya
Pada bab ini akan dibahas tentang hubungan makhluk hidup dengan makhluk hidup lainnya (simbiosis mutualisme, simbiosis parasitisme, simbiosis komensalisme, ekosistem alam dan ekosistem buatan).

Bab 7 Wujud Benda
Pada bab ini akan dibahas mengenai wujud benda yaitu benda padat, benda cair dan benda gas

Bab 8 Perubahan wujud benda
Akan dibahas tentang perubahan wujud benda yaitu; membeku, mencair, menguap, mengembun, dan menyublim.

Bab 9 Benda dan kegunaannya
Akan membahasa tentang bahan penyusun benda yaitu plastik, alumunium, gas, serta sifat-sifat benda dari masing-masing benda tersebut.

Bab 10 Materi tentang Gaya
Pada bab ini akan dibahas mengenai gaya tarik dan gaya dorong, faktor yang menyebabkan cepat lambatnya suatu gaya.

Bab 11 Materi tentang Energi
Pada bab ini kalian akan mempelajari tentang sumber energi panas, sumber energi bunyi

Bab 12 Materi tentang Energi alternatif
Pada bab ini akan dibahas mengenai energi alternatif yang terdiri dari matahari, air, angin, panas bumi, dan bahan bakar biomassa

Bab 13 Karya teknologi sederhana
Pada bab ini akan mempelajari tentang bagaimana cara membuat pesawat dari kertas, cara membuat parasut, membuat roket-roketan, membuat alat desingan, membuat drum,

Bab 14 Kenampakan bumi dan benda langit
Pada bab ini kalian akan mempelajari perubahan kenampakan bumi, kenampakan bulan, dan kenampakan bintang.

Bab 15 Perubahan Kenampakan Permukaan bumi
Pada bab ini kalian akan mempelajari tentang pasang surut air laut, proses terjadinya hujan, penyebab timbulnya gempa bumi, dan gunung meletus

Bab 16 Sumber daya alam
Pada bab ini kalian akan mempelajari asal mula sumber daya alam, penggunaan sumber daya alam dalam kehidupan sehari-hari, cara pengambilan sumber daya alam, dan teknologi daur ulang sumber daya alam.

Latihan soal ulangan semester akhir dan kenaikan kelas
Dalam latihan soal ini kalian akan diberikan soal mulai dari bab 1 hingga bab terakhir yaitu bab 16 yang terdiri dari soal pilihan ganda, soal isian singkat dan soal uraian.
Lihat juga: Kumpulan Buku Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) SD/MI Lengkap
Pada materi yang ada pada setiap bab di atas juga dilengkapi rangkuman materi pada setiap akhir pembahasan, serta latihan soal ulangan yang berkaitan dengan materi yang dipelajari. Selain itu setiap materi dibahas dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh kalian dan disertai dengan gambar-gambar pendukung pembelajaran yang relevan. Lihat Pula : Materi Pelajaran Matematika Kelas 4 SD/MI. Semoga dapat membantu kalian dalam belajar. Ayo tetap semangat untuk meraih cita-cita.

Bukupaket.com. Diberdayakan oleh Blogger.