Rangkuman Materi Pelajaran Penjas Orkes Kelas 6 SD/MI Semester 1/2

Rangkuman atau ringkasan matri pelajaran PenjasOrkes (PJOK) kelas 6 SD/MI - Dalam pelajaran Olahraga di sekolah ada yang namanya praktek dan teori. Dalam praktek maka kalian akan di latih di area terbuka atau lapangan namun di jika teori maka ada materi yang harus di ingat biasanya di pelajari di dalam kelas.
ringkasan materi penjas kelas 6 sd dan mi
Rangkuman Materi Penjaskes Kelas 6 SD/MI - Untuk mempelajari materi pelajaran penjas yang ada di kelas 6 di butuhkan rangkuman materi agar mudah di ingat oleh para siswa. Berikut adalah rangkuman atau ringkasan materi Penjas kelas 6 SD/MI.

Rangkuman atau ringkasan materi pelajaran Penjas kelas 6 SD/MI semester 1

Bab 1 Permainan dan Olahraga
Rounders termasuk cabang olahraga permainan, yaitu permainan bola kecil yang dilakukan secara beregu. Dalam satu regu rounders terdiri atas 12 pemain. Teknik dasar permainan rounders adalah melempar, menangkap, memukul, dan sliding. Lapangan permainan rounders berbentuk segi lima beraturan di setiap sudutnya terdapat base sebagai tempat hinggap pelari.

Di Indonesia organisasi sepak bola berdiri pada tanggal 19 April 1930 dengan nama PSSI (Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia) di Yogyakarta. Pengurus PSSI pertama kali diketuai oleh Ir. Soeratin Sosrosoegondo. Teknik dasar permainan sepak bola adalah menendang, menghentikan, menyundul, dan menggiring bola. Dalam permainan sepak bola ada dua taktik dan strategi yang perlu diterapkan agar mampu menguasai dan memenangkan pertandingan, yaitu teknik penyerangan dan pertahanan.

Lari cepat merupakan salah satu cabang atletik dari nomor lari. Lari cepat adalah lari yang dilakukan dengan kecepatan maksimal dari awal start sampai garis finis. Ada beberapa teknik lari cepat yang harus dipelajari oleh seorang sprinter, yaitu teknik melakukan start, teknik melakukan lari, dan teknik melewati garis finis. Teknik lompat jauh meliputi teknik awalan, tolakan, melayang di udara, dan teknik mendarat. Adapun pada lempar lembing terdapat tiga cara memegang lembing, yaitu cara Amerika, cara Finlandia, dan cara menjepit.
Bab 2 Kebugaran Jasmani
Kebugaran jasmani merupakan kondisi yang selalu diharapkan oleh setiap orang. Untuk memperoleh kondisi tubuh yang bugar dapat dilakukan dengan jalan berolahraga. Olahraga yang baik haruslah memuat latihan perbaikan tubuh, latihan kelenturan, dan latihan kekuatan.

Latihan perbaikan tubuh dibedakan menjadi tiga macam, yaitu latihan dasar, latihan berangkai, dan latihan daya tahan. Latihan kelenturan berfungsi untuk melatih kelenturan otot-otot tubuh, seperti otot leher, otot bahu, otot tangan, otot perut, otot pinggang, dan otot lutut. Latihan kekuatan berfungsi untuk menjaga daya tahan tubuh. Latihan kekuatan ini dibedakan atas latihan kekuatan otot tangan, perut, dan kaki.
Bab 3 Senam
Senam merupakan salah satu cabang olahraga yang mengandalkan aktivitas, baik sebagai olahraga sendiri maupun untuk cabang olahraga lain. Oleh karena itu, olahraga senam disebut juga sebagai olahraga dasar.

Latihan pemanasan berguna untuk melemaskan otot-otot yang akan kita gunakan dalam latihan, di samping itu pemanasan berguna untuk menghindarkan diri dari cedera yang serius, atau cidera berat. Pemanasan dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu pemanasan statis dan pemanasan dinamis.

Bentuk gerakan dari pemanasan banyak dan bervariasi, tergantung kreativitas masing-masing pesenam. Namun, secara garis besar gerakan-gerakan tersebut mencakup pelemasan otot leher, pelemasan otot bahu, dada, dan punggung, pelemasan otot pinggang dan perut, serta pelemasan otot kaki.

Gerakan latihan pendinginan dapat dilakukan seperti pada gerakan pemanasan hanya bedanya dalam bentuk peregangan. Latihan gerakan pendinginan dilakukan setelah melakukan latihan inti. Tujuannya agar otot kembali rileks.

Senam lantai merupakan salah satu cabang dari rumpun senam. Sesuai dengan namanya (senam lantai) maka gerakan-gerakannya atau bentuk latihannya dilakukan di lantai. Bentuk-bentuk latihan senam lantai yaitu guling depan (forward roll), guling belakang, berdiri dengan tangan, dan berdiri dengan kepala.
Bab 4 Gerak Ritmik
Senam ritmik atau senam irama adalah serangkaian gerakan senam bebas yang dilakukan dengan iringan musik, nyanyian, tepukan, dan lain-lain. Alat yang dapat digunakan dalam senam ritmik di antaranya pita, tongkat, bola, topi, dan sebagainya.

Gerakan-gerakan senam ritmik antara lain jalan di tempat, melangkah/lari, jingkat, melompat, dan loncat serong. Salah satu contoh senam irama adalah senam kesegaran jasmani 2000.

Rangkuman atau ringkasan materi pelajaran Penjas kelas 6 SD/MI semester 2

Bab 6 Permainan dan Olahraga
Olahraga bola voli adalah cabang olahraga dengan memvoli bola di udara hilir mudik di atas net. Olahraga ini diciptakan oleh William W. Morgan tahun 1895. Teknik-teknik yang perlu dikuasai dalam bola voli antara lain servis, passing, smes, dan blok. Permainan bola voli setiap tim ada 6 orang pemain. Set kemenangan diraih ketika suatu tim mendapat angka 25 dengan sistem reli poin.

Tenis meja merupakan permainan olahraga memantul-memantulkan bola di atas meja menggunakan bet. Tenis meja disebut juga pingpong. Dalam permainan tenis meja dibutuhkan perlengkapan berupa lapangan, net, bola, dan bet. Untuk dapat bermain tenis meja dengan baik harus menguasai teknik-tekniknya. Teknik tersebut antara lain cara memegang bet, teknik siap sedia, gerakan kaki, dan pukulan .Set kemenangan diraih ketika pemain telah meraih angka 21 lebih dulu.

Lompat tinggi adalah gerakan melompat setinggi-tingginya melewati mistar. Untuk bisa melakukan lompat tinggi yang baik harus menguasai teknik-teknik awalan, tolakan, melewati mistar, dan mendarat. Perlengkapan lompat tinggi meliputi mistar lompat, lintasan awalan dan tolakan, tiang lompat, dan tempat mendarat dapat berupa karet busa atau bak pasir.

Tolak peluru merupakan olahraga menolak peluru sejauh-jauhnya dengan teknik dasar yang baik dan benar. Teknik dasar tolak peluru meliputi sikap badan dalam awalan, tolakan, dan gerakan akhir.
Bab 7 Kebugaran Jasmani
Kebugaran jasmani adalah suatu derajat atau kemampuan seseorang dalam rangka melakukan kegiatan sehari-hari tanpa mengalami kelelahan yang berarti. Untuk hidup sehat harus melakukan pola hidup sehat.

Tujuan latihan-latihan fisik adalah untuk meningkatkan kebugaran jasmani dan ergosistem tubuh. Bentuk-bentuk latihan kebugaran jasmani, antara lain pull up, back up, shuttle run, lari zig-zag, squat thrust, dan lain-lain. Untuk dapat meningkatkan kebugaran jasmani, latihannya harus memenuhi prinsip-prinsip sebagai berikut.
a. Dilakukan secara teratur, disiplin, dan kontinu.
b. Dilakukan secara berulang-ulang.
c. Menggunakan beban yang lebih.
Bab 8 Senam
Dalam melakukan senam lantai dan ketangkasan dibutuhkan keberanian dan keterampilan gerakan. Sebelum melakukan senam diawali dengan pemanasan dan diakhiri dengan pendinginan.

Guling lenting adalah gerakan melentingkan tubuh ke depan atas dengan lemparan kedua kaki dan tolakan kedua tangan. Contoh lain dari senam adalah:
  1. sikap lilin,
  2. loncat harimau,
  3. meroda, dan
  4. lompat kangkang di atas peti lompat.
Hal-hal yang perlu mendapat perhatian dalam senam, antara lain:
  1. pakaian tidak terlalu sempit,
  2. berlatih dari yang mudah,
  3. gerakan dilakukan secara alami, dan
  4. didampingi instruktur/pelatih.
Bab 9 Gerak Ritmik
Gerakan ritmik adalah gerakan yang berirama. Gerakan ritmik terbagi ke dalam gerakan membungkuk, menekuk, meliuk, langkah, dan loncat. Gerakan-gerakan tersebut sangat berpengaruh terhadap keberhasilan gerakan ritmik.
Aktivitas ritmik memiliki nilai-nilai:
  1. kedisiplinan,
  2. keserasian,
  3. keindahan, dan
  4. keluwesan.
Bab 10 Aktivitas Air
Olahraga renang merupakan olahraga yang paling baik untuk menjaga kesehatan. Dalam olahraga renang, seluruh otot-otot tubuh bergerak. Renang gaya dada disebut juga gaya katak karena gerakannya mirip katak ketika berada dalam air. Teknik renang gaya dada meliputi meluncur, gerakan kaki, gerakan tangan, dan pernapasan.

Di area kolam renang kita tidak boleh berlari-larian, membasuh muka di pinggir kolam, meloncat menukik di kolam dangkal, dan lain-lain. Untuk penyelamatan di kolam renang diperlukan keterampilan berenang.
Bab 11 Aktivitas Luar Sekolah
Penjelajahan adalah kegiatan di alam bebas dengan jalan kaki, yang diikuti berbagai permainan atau petualangan. Untuk melakukan penjelajahan diperlukan perencanaan yang matang, persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi terhadap kegiatan.

Hal ini dilakukan supaya kegiatan dapat terlaksana dengan baik dan lancar. Evaluasi kegiatan dilakukan untuk mengidentifikasi persoalan-persoalan yang muncul dalam penjelajahan.

Berkemah adalah kegiatan yang dilakukan di alam terbuka dengan menginap di alam terbuka. Berkemah merupakan wujud belajar dengan alam sebagai gurunya. Untuk berkemah diperlukan perlengkapan kemah berupa tenda dan perlengkapannya. Berkemah melatih kita pada kebersamaan, kerja sama, mencintai alam, tanggung jawab, disiplin, dan belajar hidup mandiri.
Baca juga : Rangkuman Materi Pelajaran IPA Kelas 6 SD / MI Semester 1/2

Daftar Istilah :

  • Atletik adalah Cabang olahraga yang terdiri atas nomor-nomor jalan, lari, lompat, dan lempar.
  • Agility adalah kemampuan seseorang untuk bergerak cepat dan dapat mengubah posisi tubuh berulang-ulang.
  • Back hand adalah pukulan bola yang dilakukan dengan posisi tangan dari dalam ke luar.
  • Back roll adalah guling belakang.
  • Blok adalah gerakan menahan bola dengan menjulurkan tangan di atas net.
  • Bunt adalah pukulan tanpa ayunan.
  • Catcher : salah seorang penjaga yang ditugaskan khusus menangkap bola di belakang home base pada permainan rounders.
  • Chop adalah pukulan bola dengan cara memotong arah datangnya bola.
  • Cooling down adalah pendinginan.
  • Daya tahan adalah kemampuan melakukan tugas gerak selama periode tertentu.
  • Forehand adalah pukulan yang dilakukan dengan posisi tangan dari luar diayun ke dalam.
  • Forward roll adalah gerakan berputar ke depan dengan posisi badan membulat, dan dilakukan di lantai atau matras.
  • Gizi adalah zat makanan pokok yang diperlukan bagi pertumbuhan dan kesehatan tubuh.
  • Handstand adalah berdiri dengan tangan.
  • Headstand adalah berdiri dengan kepala.
  • Interval training adalah sistem latihan kebugaran jasmani dengan masa-masa istirahat.
  • Jalan adalah gerakan melangkahkan kaki.
  • Jingkat adalah berjalan dengan ujung jari kaki yang bergerak.
  • Latihan daya tahan adalah serangkaian gerakan yang bertujuan untuk melatih/meningkatkan daya tahan tubuh.
  • Latihan kekuatan adalah latihan yang berfungsi untuk menjaga daya tahan tubuh.
  • Latihan kelenturan adalah latihan yang bertujuan untuk melatih kemampuan setiap persendian agar dapat meregang.
  • Menggiring bola adalah membawa bola menggunakan sentuhan kaki dengan tujuan untuk mendekatkan bola pada sasaran dalam permainan sepak bola.
  • Meroda adalah gerakan memutar badan ke samping.
  • Neck spring adalah guling lenting.
  • Opium adalah golongan narkotika alami yang sering digunakan dengan cara dihisap.
  • Passing adalah gerakan menerima bola atau mengumpan kepada pemain lain.
  • Pemanasan dinamis : pemanasan yang bertujuan untuk memberikan fleksibilitas gerak otot dan persendian saat melakukan gerakan senam.
  • Pemanasan statis adalah pemanasan yang bertujuan untuk meregangkan otot-otot tubuh agar siap melakukan aktivitas yang akan dilakukan.
  • Pitcher adalah pemain yang bertugas melemparkan bola kepada seorang pemukul dalam permainan rounders.
  • Rehabilitasi adalah usaha memulihkan kesehatan jiwa dan raga pada pengguna narkoba yang sudah mengalami program kuratif.
  • Rileks adalah santai, tidak kaku.
  • Ritmik adalah berirama.
  • Senam ritmik adalah senam irama.
  • Servis adalah pukulan awal dalam suatu pertandingan.
  • SKJ adalah senam kesegaran jasmani.
  • Smes adalah pukulan keras dan menukik ke lapangan lawan dengan lompat setinggi-tingginya.
  • Tiger sprong adalah loncat harimau.
  • Undang-undang adalah ketentuan dan peraturan negara yang dibuat dan dibahas bersama oleh presiden dan DPR.
  • Variasi adalah bentuk/rupa yang lain.
  • Warming up adalah pemanasan.
Baca Juga : Rangkuman Materi IPA Kelas 6 SD/MI
Semoga rangkuman materi dan daftar istilah pelajaran Penjas dapat bermanfaat dan mempermudah dalam belajar olahraga baik teori atau praktek. Olahraga secara teratur dan membuat tubuh menjadi segar dan bugar.

Bukupaket.com. Diberdayakan oleh Blogger.