Rangkuman Materi Pelajaran PAI Kelas 6 SD/MI Semester 1/2

Rangkuman Materi Pelajaran PAI Kelas 6 SD/MI Semester 1/2 - Pelajaran Pendidikan Agama Islam adalah salah satu pelajaran yang ada di sekolah mulai dari tingkat SD SMP dan SMA, pelajaran ini diberikan kepada seluruh siswa yang beragama islam. Pelajaran PAI diajarkan kepada peserta didik selama dua semester yaitu semester ganjil dan genap, tujuan utamanya adalah agar peserta didik menjadi manusia yang beriman kepada ALLAH dan berakhlak mulia.
Rangkuman Materi Pelajaran PAI Kelas 6 SD/MI Semester 1/2
Rangkuman Materi PAI Kelas 6 SD - Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan rangkuman materi PAI untuk kelas 6 SD/MI semoga rangkuman yang akan saya bagikan dapat bermanfaat untuk peserta didik ataupun pendidik. Berikut ini rangkuman materi pelajaran PAI selengkapnya.
Bab 1 Surat Al- Qadr
Surah al-Qadr termasuk golongan surat makkiyah yang terdiri dari lima ayat. Surah al-Qadr diturunkan setelah surah Abasa. Isi kandungan surat al-Qadr adalah mengenai keutamaan lailatur qadar. yaitu malam yang lebih baik daripada seribu bulan. Surah Al-Alaq ayat 1-5 adalah ayat pertama yang diwahyukan ALLAH kepada Nabi Muhammad SAW. Kelima ayat tersebut mengandung perintah kepada manusia untuk membaca alam semesta dan mengagungkan asma ALLAH.

Bab 2 Iman Kepada Hari Akhir
Orang islam harus percaya kepada hari akhir. Percaya kepada hari akhir termasuk kedalam rukum iman yang kelima. Kehidupan di akhirat adalah lebih baik dan lebih kekal. Hari akhir adalah hari berakhirnya kehidupan di dunia, seluruh alam semesta beserta isinya akan hancur. TIdak ada satu orang pun yang dapa mengetahui kapan datangnya hari akhir kecuali ALLAH SWT. Nama lain dari hari akhir antara lain : Yaumul Qiyamah, Yaumul Ba'as, Yaumul Mahsyar, Yaumul Hisab, dan Yaumul Din. Tanda datangnya akan datangnya hari akhir antra lain : banyak perempuan yang menyerupai laki-laki dan sebaliknya pria menyerupai wanita, banyak terjadi kejahatan, meninggalnya para ulama dan orang shaleh, serta orang islam banyak yang tidak beriman.

Bab 3 Kisah Abu Lahab, Abu Jahal, dan Musailamah Al-Kazab
Abu Lahab adalah paman dari Nabi Muhammad SAW yang mula-mula mencintai beliau. Namun, pada akhirnya membenci dan menentang beliau dan berusaha menghentikan dakwah Nabi Muhammad SAW. Abu lahab anak dari Hasyim anak dari abdul manaf, abu lahab artinya "pak menyala". Abu jahal pernah menganiaya Nabi Muhammad dengan menaburkan debu di atas kepala Nabi. Abu jahal adalah orang yang tidak dapat membedakan mana yang benar dan mana yang salah. Hamzah adalah paman Nabi Muhammad SAW yang diberi gelar " singa ALLAH/singa Rasul-Nya". Hamzah pernah memukul abu jahal dengan busur karena dia telah menganiaya Nabi Muhammad SAW. Musailamah Al-Kazab terkenal sebagai seorang yang pendusta sehingga dia dijuluki sebagai nabi palsu.

Bab 4 Menghindari Akhlak Tercela
Akhlak tercela adalah semua prilaku atau sifat manusia yang jelek dan bertentangan dengan ajaran agama.Diantara sikap tercela antara lain iri, dengki, dan bohong. Iri dan dengki adalah sikap tercela yang tidak menyukai orang lain mendapatkan kenikmatan atau kebahagiaan. Sifat iri dan dengki dapat menyebabkan seseorang bubuat yang yang melanggar norma. Bohong adalah berkata sesuatu yang tidak sesuai dengan kenyataan yang sebenarnya. Sebagai seorang muslim kita harus menghindari sifat, iri hati, dengki, boohong, dan perbuatan yang melanggat norma.

Bab 5 Ibadah di Bulan Ramadhan
Bulan ramadhan adalah bulan yang penuh rahmat dan ampunan dari ALLAH. Jika kita melakukan ibadah di bulan yang suci ini makan pahalanya akan dilipatgandakan oleh ALLAH SWT. Salah satu amalan yang dapat dilakukan dalam bulan ramadhan adalah salat terawih. Arti salat terawih adalah salat yang diselingi dengan istirahat. Hukum salat terawih adalah sunnah muakkad artinya, sunnah yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan. salat terawih merupakan salat yang rakaatnya panjang yaitu ada yang 20 rakaat + witir 3 rakaat, dan adapula 8 rakaat ditambah 3 rakaat witir. Diantara fadilah salat terawih yaitu : diampuni dosa dan kesalahan yang telah lalu, dan mendapatkan 1500 kebaikan serta 1 istana yang terbuat dari batu mulia merah delima.

Tadarus Al-Qur;an artinya membaca, menyimak, atau mempelajari Al- Qur'an. Pada bulan ramadhan tadarus Al-Qur'an sangat dianjurkan. Manfaatnya antara lain; dapat menjadi pelita dan hidayah bagi yang membacanya, dapat membedakan mana perkara yang benar dan mana yang salah, menjadi obat penyembuh, serta menjadi syafaat di hari kiamat.

Bab 6 Surat Al-Maidah ayat 3 dan Surah AL-Hujarat ayat 13
Allah mengharamkan manusia untuk memakan makanan yang berbahaya bagi tubuh manusia. Makanan yang diharamkan dalam surah Al-Maidah antara lain; bangkai, darah, daging babi, binatang yang disembelih tidak menyebut nama ALLAH, binatang yang disembelih untuk persembahan kepada berhala. Binatang lain yang haram untuk dimakan adalah yang matinya bukan karena disembelih.

Sedangkan minuman yang diharamkan oleh ALLAh antara lain : Minuman yang sifatnya memabukkan, air susu dari binatang haram, air bercampur racun, air yang terkena najis. Semua manusia diciptakan oleh ALLAH dari seorang laki-laki dan perempuan, lalu berkembang menjadi banyak suku bangsa. ALLAH menganjurkan kepada manusia untuk saling mengenal, saling menghormati, dan saling menghargai satu sama lain. Orang yang paling mulia dihadapan ALLAH adalah yang paling bertakwa.

Bab 7 Iman kepada Qada dan Qadar
Iman kepada qada dan qadar merupakan rukun iman yang ke enam. Iman berati menyakini dengan sepenuh hati, mengucapkan secara lisan, dan membuktikannya melalui perbuatan. Qada menurut bahasa adalah ketentuan atau ketetapan. Qada menurut istilah adalah ketentuan atau ketetapan ALLAH SWT terhadap makhluk-Nya sejak zaman azali. Sedangkan Qadar menurut bahasa adalah memberi kadar, aturan, atau ketetapan. Qadar menurut istilah adalah keteapan ALLAH yang terjadi kepada makhluk_nya. Sebagai seorang muslim kita  harus beriman kepada qada dan qadar.

Bab 8 Kisah Kaum Muhajirin dan Kaum Ansar
Kaum Muhajirin adalah pengikut Nabi Muhammad SAW yang berasal dari Mekah dan mengikuti Nabi hijrah ke madinah. Kaum Muhajirin banyak mengalami siksaan dan penganiayaan dari orang kafir Quraisy, namun mereka tetap memegang teguh agamanya. Hijrah kaum Muhajirin terjadi selama dua kali, Hijrah pertama ke negeri Abessinia (Habasyah) dan hijrah kedua ke Yatsrib (Madinah). Kaum Ansar adalah orang-orang islam madinah yang menolong Nabi dan kaum Muhajirin. Kaum Ansar dan Muhajirin diikat persaudaraan yang fisebut Muakhkhah oleh Rasullah SAW.

Bab 9 Membiasakan Perilaku Terpuji dengan Meneladani Akhlak kaum Muhajirin dan Ansar
SIkap kaum muhajirin yang dapat kita teladani adalah memiliki keteguhan dan kekuatan iman, tidak takut terhadap ancaman kaum kafir, serta setia dan taat kepada ALLAH dan rasul-Nya. Kaum ansar memiliki sifat terpuji yang harus kita teladani, yaitu membantu sesama muslim dan suka berkorban untuk kebaikan. Sikap kaum muhajirin dan ansar dilandasi perasaan ukhuwah islamiyah atau persaudaraan sesama muslim.

Bab 10 Zakat
Zakat adalah mengeluarkan sebagian harta kepada yang berhak menerimanya apabila sudah mencapai nisab. Zakat ada dua macam, yaitu zakat mal (zakat harta) dan zakat fitrah (zakat jiwa). Zakat fitrah artinya penyucian diri. Zakat fitrah wajib dikeluarkan oleh umat islam pada akhir ramadhan sebanyak 3,5 liter atau 2,5 kilogram dari bahan makanan pokok. Orang yang berhak menerima zakat (mustahik) ada delapan, yaitu fakir, miskin, amil, mualaf, riqab, garim, sabilillah, dan ibnu sabil.
Baca juga : Rangkuman Materi Pelajaran PKn Kelas 6 Semester 1/2
Semoga rangkuman singkat materi pelajaran PAI kelas 6 SD/MI di atas dapat bermanfaat dan menjadikan kita sebagai umat islam untuk selalu berbuat baik dan saling membantu. Selamat belajar semoga sukses!

Tidak ada komentar

Poskan Komentar

Bukupaket.com. Diberdayakan oleh Blogger.